Beberapa perusahaan memberikan kebijakan berupa pemberian fasilitas kendaraan kepada para pegawainya. Fasilitas kendaraan yang biasanya diberikan bisa berupa mobil. Status dari fasilitas kendaraan tersebut adalah kendaraan perusahaan. Namun, bisakah balik nama mobil atas nama perusahaan agar bisa menjadi milik pribadi?
Jawabannya adalah bisa. Fasilitas kendaraan yang diberikan oleh perusahaan bisa menjadi milik perorangan dengan berbagai kondisi. Misalnya para pegawai mampu membeli mobil yang diberikan perusahaan. Atau ada perjanjian tertentu yang membolehkan pegawai memiliki fasilitas kendaraan perusahaan tersebut setelah beberapa tahun.
Proses balik nama sendiri tidak berbeda jauh dengan cara balik nama mobil bekas. Kita tinggal mengurus surat-surat yang diperlukan ke Samsat di daerah kita tinggal. Hal yang perlu dilampirkan mungkin surat dan tetek bengek perijinan dari perusahaan kita yang memberikan mobil. Setelah mobil resmi menjadi milik kita, langkah selanjutnya mengurus STNK dan juga BPKB.
Setelah sampai di kantor Samsat, segera menuju loket yang mengurusi balik nama mobil. Tiap daerah memiliki kebijakan sendiri dalam hal pelayanan. Oleh sebab itu kita bisa terlebih dahulu untuk menuju meja informasi untuk bertanya pada pegawai Samsat. Setelah mengetahui lewat loket mana, selanjutnya adalah mengantri.
Sebelumnya kita harus sudah mempersiapkan terlebih dahulu surat-surat yang kita perlukan dari perusahaan untuk diberikan kepada petugas loket. Dokumen yang diminta biasanya KTP atau SIM, STNK, bukti pajak kendaraan, BPKB dan kwitansi bermaterai. Persiapkan sebelumnya dokumen-dokumen tersebut.
Setelah tiba giliran kita di loket, berikan dokumen-dokumen tersebut kepada para petugas. Petugas Samsat akan memeriksa kelengkapan dokumen. Setelah selesai, Samsat akan menguji atau tes fisik kendaraan yang dilakukan di Samsat.
Setelah proses uji dan tes fisik dilakukan, dan mobil kita lolos, pihak terkait akan segera menerbitkan surat-surat kendaraan yang baru atas nama kita sendiri. Total biaya yang harus dikeluarkan untuk proses ini dari awal hingga akhir bisa mencapai 500 ribu hingga 1 juta Rupiah.
Balik nama mobil atas nama perusahaan ternyata cukup mudah dilakukan. Untuk menjamin keamanan jangan memakai calo dalam pengurusan surat ini, karena biaya yang akan kita keluarkan akan membengkak dan hal tersebut adalah illegal. Dengan mengurus sendiri, menjadikan kita warga Indonesia yang baik dan taat pada peraturan.

5 komentar:

  1. bagaimana proses bbn kalau nama di DOKUMEN kendaraan atas nama PT A tapi di kop surat pelepasanya atas nama PT B padahal data kendaraan tsb sama persis

    BalasHapus
  2. Bagaimana kalau kita belum memiliki dana buat bbn dan berniat ingin perpanjang dulu sementara..syaratnya apa aja..
    bpkb dan surat pelepasan dari perusahaan apa bisa buat perpanjang stnk?

    BalasHapus
  3. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  4. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!