Anda sebagai pengendara tentu harus tahu peraturan hukum mobil ditabrak dari belakang atau kasus pelanggaran hukum lalulintas lainnya. Sebab kesadaran hukum berlalu-lintas akan membawa dampak positif untuk mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara. Berdasarkan beberapa kasus kecelakaan yang terjadi juga sering disebabkan karena pengguna jalan kurang memahami peraturan dan rambu-rambu jalan. Dengan demikian kita sebagai pengguna jalan yang baik tentu harus taat peraturan undang-undang dan memahami marka jalan untuk menekan resiko kecelakaan sekecil apapun. Seperti yang sering terjadi yaitu menabrak mobil dari belakang.

Kasus kecelakaan seperti ini kadang tidak terlalu menimbulkan resiko berbahaya, namun jika dalam kecepatan tinggi bisa berakibat fatal dan menyebabkan korban jiwa. Kasus besar atau kecil dalam kecelakaan seperti ini juga telah diatur dalam undang-undang sehingga bisa diancam dengan pidana bagi yang terbukti melanggarnya. Hukum mobil ditabrak dari belakang telah di atur dalam undang-undang nomer 22 tahun 2009. Khususnya dalam pasal 229 ayat 2 yang menjelaskan tentang kecelakaan ringan yang menyebabkan kerusakan.

Selain dalam pasal tersebut, kasus mobil ditabrak dari belakang juga diatur dalam PP 43 tahun 1999 pasal 63 tentang pengemudi yang berada di belakangnya wajib memberi ruang. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko mobil yang berada di belakangnya menabrak kendaraan yang ada di depannya saat mobil yang di depan rem mendadak. Hukum mobil ditabrak dari belakang ini jika terbukti bersalah bisa di pidana minimal 6 bulan kurungan. Maka berhati-hati jika Anda sedang berkendara mobil, terutama di jalanan kota yang rawan macet dan padat, tentu harus lebih memberikan ruang kosong di depannya supaya tidak menabrak kendaraan di depannya saat terjadi rem mendadak. Kasus ini juga yang sering menjadi penyebab kecelakaan beruntun.

Kecelakaan seperti ini bukan hanya menyebabkan kerusakan fisik pada mobil saja, jika terjadi tabrakan yang keras bukan tidak mungkin menyebabkan luka maupun korban jiwa. Beruntung jika hanya terjadi kerusakan ringan pada mobil, dalam penyelesaian secara kekeluargaan biasanya jika mobil yang ada di depannya sebagai penyebab kecelakaan ikut menanggung biaya servis kerusakan. Jika terjadi beruntun mobil kedua yang mengganti rugi mobil di belakangnya begitu seterusnya. Meskipun demikian kadang penyelesaian secara kekeluargaan belum tentu menghapus ancaman hukum tabrak mobil dari belakang yang tetap berjalan diproses persidangan. Daripada kita menghadapi kasus hukum mobil ditabrak dari belakang, maka lebih baik kita berkendara dengan hati-hati dan konsentrasi dengan taat berlalu-lintas.

60 komentar:

  1. ass. gan semalam mobil saya nabrak bus rama yana dari belakang gara gara mobil rama yana tersebut ngerem mendadak dalam posisi sama sama dalam kecepatan tinggi dan mobil saya tidak bisa lagi di kendalikan jadi saya mau tanya dalam hal ini siapa yang salah gan mibil saya rusak parah gan sedangkan mobil rama yana tetsebut hanya penyok aja bagian belakang terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ttp salah anda yg di belakang mas,krna gak ngasih jarak yg memadai untuk oengereman dan untuk anda menghindar,secara anda kan ada di titik buta,krna kendaraan di depan gak bisa melihat kendaraan yg ada pas di belakangnya...

      Hapus
    2. Malam, sy mau tanya, mobil sy menabrak pohon disebelah kiri jalan karena sy mengantuk, dan karena itu mobil saya sempat terpental mundur, kemudian ditabrak carry dibelakang saya. Karena kelalaian sy, sy berusaha mengajak damai dengan ganti rugi sebagian, tetapi malah pihak carry menuntut sy habis"an. Apakah dalam kasus ini sy wajib mengganti dan memenuhi semua tuntutannya? Apakah sy bisa menuntut balik karena bagaimanapun dia tidak mempertimbangkan jarak dan berkecepatan tinggi sehingga tidak sempat mengerem atau ambil arah kanan yg wkt itu kosong? Tolong dibantu jawabannya, masalahnya belum selesai sampai sekarang, karena jujur sy keberatan dengan permintaannya seperti memeras saya. Terima kasih banyak

      Hapus
    3. lawan saja, itu termasuk tindak pidana ringan, agan cuma disuruh bayar denda 1 juta klo gak salah di UULAJ itu klo dituntut kepengadilan lho

      Hapus
    4. Selamat sore bang kemaren mobil saya terparkir di sebelah kiri jalan dan di sepanjang jalan tidak ada rambu" dilarang parkir saya sudah menghidupkan rambu" segitiga saya saat itu arus kendaraan ramai lancar selang waktu beberapa menit dari belakan door ...... mobil saya di tabrak pengendara motor dari belakang apakah saya berkewajiban menganti rugi atas kelalaian pengendara lain dan apakah mobil sma motor tetap menang motor klau di mata pengadilan .. tolong bagi saran agar masalah saya bisa cepat kelar dan semoga yg mau memberi saran dan masukan akan di beri imbalan oleh allah swt amin

      Hapus
  2. ass. gan semalam mobil saya nabrak bus rama yana dari belakang gara gara mobil rama yana tersebut ngerem mendadak dalam posisi sama sama dalam kecepatan tinggi dan mobil saya tidak bisa lagi di kendalikan jadi saya mau tanya dalam hal ini siapa yang salah gan mibil saya rusak parah gan sedangkan mobil rama yana tetsebut hanya penyok aja bagian belakang terima kasih.

    BalasHapus
  3. Gan saya mau nanya .Tadi pulang kerja waktu keluar dari parkiran saat antre mau keluar saya mengendarai motor mengerem mendadak dan menabrak mobil di depan saya mobil hanya penyok .sedang kan motor saya sama lecet lecet.apakah saya yg salah gan.

    BalasHapus
  4. Gan saya mau nanya .Tadi pulang kerja waktu keluar dari parkiran saat antre mau keluar saya mengendarai motor mengerem mendadak dan menabrak mobil di depan saya mobil hanya penyok .sedang kan motor saya sama lecet lecet.apakah saya yg salah gan.

    BalasHapus
  5. Saya mau nanya..kemarin motor saya parkir.trus tiba" ada mobil mundur.dan menabrak motor saya.
    Trus apakah yang hrus saya lakukan..
    Dan siapakah yang salah dalam hal ini

    BalasHapus
  6. Saya mau nanya kalau ditabrak dari Samping dengan kecepatan tinggi Mobil Saya bempernya copot Dan spion Saya copot Dan dia hanya lecet sedikit katanya Saya me ngambil jalan dia Dan dia minta 400 RB siapa yg salah sy atau yg menabrak?

    BalasHapus
  7. Waduh.... itu PP 43/1999 salah tahun.... harusnya PP 43/1993.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Permisi, saya mau bertanya
    Saya rem mendadak. Karna ada anak kecil menbrak mobil saya dengan kecang.
    Tiba2 ada ibu2 dari belakang menabrak mobil saya
    Saya tdak tau. Lau si ibu itu menyalahkan saya. Ktp dan sim saya disita dia. Dsruh ganti ru motornya yg rusak. Diurus dengan secara kekeluargaan tetap minta ganti rugi penuh. Agar motornya kembali sperti semula.
    Bagaimana cara menanggapi dan menyelesaikanya?
    Apakah saya salah?
    Dengan secara hormat sama minta pendapat dan saranya. Terimakasih

    BalasHapus
  10. bener PP43 th 93 pasal 62-63,

    pa Sandi benar kok, meski karena hewan sekalipun pa Sandi ngerem mendadak. tapi kalau ma ibu2 jangan dilawan ditempat, ajak si ibu ke pos Pol terdekat buat verifikasi saja gunakan PP43th 93 ini, pak Polisi yg menerangkan bahwa dia salah, selesai masalahnya

    BalasHapus
  11. penjelasan diatas salah besar.....terbalik

    BalasHapus
  12. Saya jg mau sdkit sharing wkt it mungkin sdh musibah bwt sy, jd wkt prjlanan plg sy mlintasi jembatan layang disitu kebetulan sdikit macet 10 mnt kmdian mobil paling dpn jln2 mobil dpn sy jalan sy ikut jln eh pas turunan beliau rem dadak sy rem tetep namanya turunan ya akirnya dgn gentle sy klwr dg mmbawa ktp dgn mksd sy brtggung jwb dan qt bicarakan ditempat sepi/minggir agar tdk mengganggu pjln lain,, mobil sy paling parah sangkin paniknya jg tdk sling cek sy jg tdk suudzon jg yg sy kecewa beliau menahan stnk dn ktp pdhl sy mau brtnggung jwb dng mengcover asuransi/bengkel terdekat namun beliau menolak inginnya beliau ditaruh dibengkel sy aj besok dtg dan bawa uang sdh masalah kelar"ujarnya..padahal sy sdh berniat tnggung jwb malah minta lebih ..ya mungkin it pengalaman sy yg pling tdk enak trimakasi

    BalasHapus
  13. tanya boss,waktu mau ke atm ambil uang. mobil saya ditabrak dr belakang. sy sudah keluar dan mau masuk atm. tau2 brak mobil sy terpental 3 meteran. wajibkan sy menuntut ganti rugi? mksh

    BalasHapus
  14. Trus Kl semisal kita sudah memberi jarak dengan kendaraan didepan kita.Dan jalur kita diserobot dengan pengendara mobil atau motor. Sedangan kendaraan tersebut tidak menggunakan tandan ataupun lampu sein. Trus kita tidak memberi ruang buat kendaraan untuk pindah jalur dikarenakan tidak ada tanda. Pada akhirnya nabrak neh. Sapa yang salah...? (Mungkin kl Bis atau Tank mereka ngga akan berani nyerobot).

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum .. pak kmren ada anak2 konfoi pake motor gede kcptan tinggi menabrak mobil kakak saya yanh posisinya mau belok.. ternyata si motor itu g ada rem dan smua surat kosong.. tapi anehnya .. si tersangka brani melaporkan kakak saya ke polisi.. itu bgaimana hukumnya pak.. tolong penjelasannya.. kondisi mobil kakak ancur.. lampu pecah.. smua penyok.. dan yang nabrak luka parah

    BalasHapus
  16. Kalo menurut saya sepertinya batasan rem mendadak perlu diperjelas ya (atau di UU nya ada ?) Kalo rem mendadak krn ada makhluk hidup yg lewat ya itu memang wajar tp kalo krn lalai lalu rem mendadak dan terjadi kecelakaan saya kira dalam hal ini jg perlu ditindak

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr wb
    Saya baru saja mengalami kasus tabrak belakang...sy sedang mengendara mobil dgn laju yg sangat pelan skali karena ingin mengisyaratkan teman sy yg d jalan seberang untuk menunggu jemputan sy setelah sy berputar kelajur sebelah,yg mana laju kendaraan sy tidak pelan mendadak atau seketika...tiba2 sebuah motor menabrak mobil sy dr belakang...pengendara masih dibawah umur,tanpa helm,boncengan 4org...namun terjadi 1org korban yg harus di operasi akibat benturan...sy tetap mengikuti hukum lantas yg berlaku bahwa sy sbagai penyebab...mobil saya di tahan pihak polantas untuk jaminan agar korban di biayai oleh jasa raharja...namun apakah sy harus membiayai kerusakan motor...dan apa sanksi sy apabila korban meninggal dunia...mohon bantuannya

    BalasHapus
  18. Tolong pak di jwb sopir sy uda parkir di tepi jln uda ksh turung banx di aspal, sebelah msh di jln lalu lampu sen nyala lampu DD jg terank pengendara bermotor nabrak dri belakan lalu meninggal dunia yg salah sapa

    BalasHapus
  19. Malam pak, tolong di jawab, saya abis nabrak mobil, karna mobil pengendara rem medadak, diddpa saya,kendaraan sam sma rusak tuh yg salah sypa ya.

    BalasHapus
  20. Malam pak, tolong di jawab, saya abis nabrak mobil, karna mobil pengendara rem medadak, diddpa saya,kendaraan sam sma rusak tuh yg salah sypa ya.

    BalasHapus
  21. Mobil saya di tabrak sepeda motor dari belakang sehingga pengemudi jatuh dan meninggal dunia, saya di tahan. Mobil saya yg di tabrak tp knp saya yg di tahan?

    BalasHapus
  22. Mobil saya lagi puter balik ditabrak dengan keceoatn tinggi dari belakang sampairusak parah sama motor.
    trus motornya marah marah minta ganti rugi dan nelp teman temannya.
    lalu dibawa ke kantor polisi .
    polisi bilang ga bisa memenrykan siapa yg salah .padahal jelas jelas mobil saya di tabrak sampai rusak di belakang

    BalasHapus
  23. saya mau tanya mobil saya kempes ban dan saya parkir untuk menganti ban mobil saya yg kempes tiba2 dari belakang di tabrak motor anak sekolah yg blm mempunyai sim dan
    anak itu cedera patah kaki saya di tutut kira2 siapa yg salah?..mhn penjelasan x terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesalahan anda akan ditentukan apakah anda menghidupkan lampu sen untuk menepi, dan apakah anda menghidupkan lampu Hazard sebangai sinyal komunikasi kepada pengendara lain untuk berhati hati.

      Hapus
  24. Selamat siang mau tanya di perempatan saya mau belok kanan sudah nyalain sen kanan dan belok perlahan tiba tiba dari arah kiri truk jalan kencang sehingga bumper kiri diserempet, apakah saya bisa minta ganti rugi menurut saya truk lengah tidak lihat saya belok kanan

    BalasHapus
  25. Mohon pencerahannya,mobil saya korban di tabrak mbl truk dr belakang karna supirnya ngantuk sehingga mbl saya belakang saya hancur,saya sdh berkosultasi dgn pihak dealer auto 2000 kira2 estimasi baiaya nya 40s/d 50 jt,sedangkan yg punya truk cuman mau mengganti 10 jt dan saya tdk mau menerimanya,masa saya sbg korban harus menanggung yg paling besar biayanya,menurut temem2 yg apa yg harus saya lakukan?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda diposisi yg benar untuk menuntut sesuai UU LLAJ. Masalahnya keuangan pelaku tidak mencukupi sesuai biaya service kerusakan mobil saudara. Sebaiknya saudara berlakukan kehukum pidana maka tuntutan anda dimungkinkan mendekati, karena pelaku tidak akan mau masuk kurungan penjara polisi

      Hapus
    2. Assalamualaikum gan saya korban di tabrak banteng.dan yg menanbark mobil saya mengantuk.mobil yg nambrak tidak ada lampu malam dan tidak punya sim.
      Dan dia hayan bisa bayar kerugian 10 jt.sedNgkan saya klau ke auto200 abis 60 juta.malah dia ajak jalur hukum.apa solusinya gak.saya di tabrak di jalan yg benar.

      Hapus
  26. Anak saya ngerem dadak krn ada penyeberang, krn ngerem dadak ditabrak dr belakang oleh mobil
    Sipengendara mobil jalan terus aja
    Setelah jalan anak saya minggir mau lihat kondisi motor..kebetulan sipenabrak ternyata lg liat kerusakan mobilnya dan minta ktp anak saya dan keesokan sipenabrak wa kku biaya utk betulin bemper mbl sebesar 1.5 juta
    Dia minta anak saya byr kerugian separuhnya saya nyoba tawar krn yg baret bukan semua bemper
    Apa yg saya lakukan sdh betul? krn anak saya diluar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta damai saja ke pihak mobil itu. Berikan pengertian seandainya mobil dalam kecepatan tinggi si anak pengendara roda dua pasti parah dan mungkin meninggal dunia, pengendara mobil bagaimanapun akan bersalah berat karena telah menyangkut nyawa. Ambillah hikmah dikejadian ini.

      Hapus
  27. Gimana orang komen dan nanya gak ada yg dibalas .

    BalasHapus
  28. Kendaraan mobil saya sedah menghidupkan lampu sen kekiri dan sayo berhenti ngerem tiba sepeda motor nabrak mobil sebelah kanan orgnya mengalami patah kaki dia mintak pertanggungan dr saya.

    BalasHapus
  29. Gan mau nanyak kmrain pagi mobil sya menebrak dri belakang kronologinya waktu itu sya hendak menyalip kendaraan yang di dpn saya karna dua jalur sya mau salip kendraan dpn saya pakai jalur kiri stelah saya lihat spion kiri utk mlihat ljr kiri tanpa di sadari di lajur kiri tiba2 ad mobil yg berhinti mendadak dgn alasan mbil dpn trobel...smua krugian kok di bebankan sma saya ....mohon kejelasanx

    BalasHapus
  30. Saya mau tnya tadi sy jln trs tiba2 ad motor semrbedan dan sy rem dak dak terus sy di tabarak motor trs siapa yg salah

    BalasHapus
  31. Saya mau tnya tadi sy jln trs tiba2 ad motor semrbedan dan sy rem dak dak terus sy di tabarak motor trs siapa yg salah

    BalasHapus
  32. Saya mau tnya tadi sy jln trs tiba2 ad motor semrbedan dan sy rem dak dak terus sy di tabarak motor trs siapa yg salah

    BalasHapus
  33. Kemaren truck kakak saya mogok dari jm3 siang dan tak bisa di perbaiki dan jam 11 malam truck di tabarak dari belakang dan mengakibatkan meningal kedua pengendara montor terus siapa yang salah

    BalasHapus
  34. Gan saya mau tanya saya nabrak mobil sat saya mundur pas dihalaman rumah kamu mobil dia jarak nya kira2 50cm/1m dibelakang saya sedangkan saya mobil truk gimana saya bisa melihat abis itu biaya kerusakan nya dibebankan kesaya semua seharus nya dia tau waktu mau mundur saya berhenti ngoper gigi mundur lampu putihkan tanda nya org mau mundur gimana menurut agan iya.

    BalasHapus
  35. Gan saya mau tanya tadi siang mobil box saya tidak sengaja menabrak mobil d belakang d saat tikungan,dan kondisi jalan sangat macet,sedangkan mobil korban sebelum kejadian memaksa masuk d jalur kiri ketika saya belok k kiri mobil korban tidak bisa belok untuk menghindar jadi siapa yg salah menurut agan.

    BalasHapus
  36. Gan saya mau tanya ada satu truck sedang berhentj di lampu merah karena posisi lampu merah tetapi ada pengemudi motor yang di belakang nya tiba tiba menabrak dari belakang dan si pengendara motor nya luka parah apakah harus memberkan ganti rugi pengemudi truk nya

    BalasHapus
  37. Mbl z di tabrak opeh sebuah sepeda motor dari belakang,dan pengendara yg menabrak saya tersebut jatuh terpental ke jalan raya,mka saat dia bangun dari jatuhnya maka tiba2 ada motor lain yg menabrak yg jatuh tadi sehingga yg menabrak mobil saya tadi meninggl dunia,apkh saya yg salah atau yg menabrak korban tadi

    BalasHapus
  38. Mau tanya pak. Mobil saya trek sementara parkir lampu sen menyalah tiba tiba ada pengendara motor dengan laju menabrak dari belakan yang menabrak meninggal di tempap. Apakah saya yg harus menanggung semua biaya dan mobil saya di tahan

    BalasHapus
  39. Ijin konsultasi pak. Posisi mobil sy wkt itu sdg parkir didepan truk, ddepan toko material. Sy dan suami posisi ada didalam toko, menyelesaikan transaksi dg pemilik toko. Tiba2 pemilik toko menyuruh org utk memindahkan truk. Tapi yg terjadi kemudian truk melaju kedepan nabrak mobil saya terseret sampai sekitar 20 meter. Truk dan mobil baru berhenti ktk menabrak tiang listrik.
    Melihat kondisi mobil rusak parah, sy dan suami berketetapan untuk minta ganti rugi berupa uang dan sdh terjadi kesepakatan pemilik mau mengganti. Namun dlm perkembangannya pemilik toko ingkar janji.Jalan keluarnya sebaiknya gimana ya ?

    BalasHapus
  40. Pak saya mau bertanya sy seorang perempuan yg mengemudi mobil bok,lalu tiba2 di tabrak dr belakang oleh mobil avansa,lalu mobil avanza,sy berhentikan dan sy bilang hati2 bawa mobil lampu blkg sy pecah, gk terlalu penyok dia yg penyok parah karna dia yg nabrak, tpi malah dia yg minta uang sm sya, dan ngaku2 bahwa dia seorang aparat,minta dibawa ke jlur hukum..sy setuju pas udh di pintu gerbang polsek dia mlh kabur pak...

    BalasHapus
  41. Plat mobilnya f 1336 WT di dlm mobil ada 6 org laki2 tinggi besar semua mlh menekan sy...arna sy perempuan seorang diri,pdhl jls sy yg di tabrak...

    BalasHapus
  42. Mohon petunjuk... Saya seorang pengendara Posisi.. Jalanan sedang macet kecepatan mobil laju cuma 5 km/ jam,posisi saya ada sebelah kanan.. Sedangkan lampu hazzard sudah nyala..tau" dari belakang mobil sedan sedang melaju.. Saya tengok kiri spion saya udah beranggapan itu pasti nabrak saya..braaak Eeh saya pas liat ibu" sedang makai headset serta hp yg bawa mobil sedan..ngotot saya seolah olah saya yg salah dgn dalih ngerem ngedadak..minta nempuhin perbaikan monil yg pesok.. Padahal saya udah posisi jalan sebelah kanan...

    BalasHapus
  43. Mas mau tanya,, kak saya bawa motor menabrak mobil yg berhenti mendadak saat lampu hijau.. Lalu pengendara mobil minta ganti rugi, itu gimana ya.. Mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  44. Saya mau tanya, jika ada 2 pengendara mobil yg mengerem mendadak karena ada mobil didepannya berbelok/menyebrang secara tiba",dan mobil paling belakang ditabrak motor dr belakang karena motor tidak sanggup mengerem dr jarak tersebut. Kerusakan mobil penyok sedikit dan tdk kelihatan namun motor kerusakan besar dibagian depan. Bagaimana penyelesaian terbaiknya ?

    BalasHapus
  45. Beberapa hari yg lalu,saat berkendara di lajur paling kanan, setelah melewati lampu merah didepan ada transjakarta. Saat itu belum ada pembatas yg khusus utk jalan transjakarta, krn body transjakarta yg lebar, tidak sadar bahwa pembatas transjakarta tau2 sudah didepan, krn panik untuk menghindari masuk jalan transjakarta kami lansung ambil jalan kekiri. Saat itu Posisinya di sebelah kiri ada mobil, dan mereka mengerem krn kami pindah jalur mendadak. Karena mobil di kanan kami mengerem mendadak mobil di belakangnya menabrak mobil itu, tapi mobil yang di tabrak ini meminta kami yg bertanggung jawab, tp mobil yang menabraknya langsung pergi, mohon pencerahannya untuk kasus ini, trmksh.

    BalasHapus
  46. Permisi pak,saya mau tanya,,,saya kemaren terjadi laka,,kronologinya saya sedang bawa dam truk bermuatan,seketika itu saya ditabrak dari belakang oleh pengendara sepeda motor,hingga sipengendara meninggal dirumah sakit,solisinya gimana y mas

    BalasHapus
  47. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  48. Mohon infonya bosqu..
    Jika seorang pengendara motor tiba tiba berhenti di tengah jalan di karenakan senar layangan sehingga di tabrak mobil hingga ngrem mendadak mengakibatkan mobil tersebut di tabrak dari belakang hingga rusak parah.. lalu siapa yang salah dan bagaimana penyelesaiannya..

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum pak, saya mengerem mobil mendadak karena ada ayam lalu ada honda yang nabrak dari belakang.. Itu sebenarnya salah siapa ya pak terimakasih pak..

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!