Pengertian, Perbedaan : Konsumen, Customer, Klien

Konsumen, customer, dan klien adalah beberapa istilah yang sering digunakan untuk menyebut pembeli. Namun demikian, barangkali kita merasa bingung mengapa ada 3 macam istilah untuk menyebut pembeli. Namun demikian, ternyata jika kita telusuri, masih ada istilah nasabah yang juga merujuk pada hal yang sama. Meskipun demikian, barangkali nasabah hanya merujuk dalam dunia perbankan semata. Oleh karenanya di sini kita akan membahas mengenai pengertian konsumen, pengertian customer dan pengertian klien sebagaimana judul artikel ini.

client consumer customer
istilah client, customer, consumer dari bahasa inggris ke bahasa indonesia


Pengertian Konsumen
Meskipun saya yakin bahwa istilah konsumen merupakan istilah serapan yang ada kaitannya dengan kata "consume" dalam bahasa inggris, namun bukan berarti bahwa kata "konsumen" ini berasal dari "consumen" dalam bahasa inggris. Buktinya, sebagaimana pencarian saya di kamus oxford, saya tidak menemukan istilah tersebut. Malahan yang ada adalah kata "consumer" yang mempunyai definisi sebagai berikut;
a person who buys goods or uses service (seseorang yang memberli barang atau menggunakan jasa)
Jika dipikir-pikir, barangkali istilah konsumen merupakan kata serapan yang mengalami modifikasi (sebagaimana istilah difabel yang saya yakin berasal dari kata disable).
Dalam kamus besar bahasa indonesia, pengertian konsumen adalah sebagai berikut;
1. Pemakai barang hasil produksi (bahan, pakaian, makanan, dsb)
2. penerima pesan iklan
3. pemakai jasa (pelanggan dsb).
Di sini kita menemui istilah tambahan yakni istilah pelanggan. Pengertian pelanggan adalah orang yang membeli barang secara tetap, menurut KBBI.


Pengertian Customer
Definisi customer menurut kamus bahasa inggris oxford;
1. a person or organization that buys something from a shop or business
2. a person of the specified type
Dalam bahasa indonesia, terjemahannya kurang lebih seperti ini;
1. seseorang atau sebuah organnisasi yang membeli sesuatu dari sebuah toko atau usaha.
2. seseorang dengan tipe tertentu


Pengertian Klien
Saya mempunyai asumsi kuat bahwa istilah klien berasal dari bahasa inggris; client. Di kamus oxford, istilah client mempunyai pengertian atau definisi sebagai berikut;
1. a person who uses the services of a professional person or organization, eg; a lawyer or a bank
2. a customer in a shop
Dalam bahasa indonesia kurang lebih artinya sebagai berikut;
1. seseorang yang menggunakan layanan dari seorang atau sebuah organisasi profesional; contohnya pengacara atau bank.
2. seorang 'customer' pada sebuah toko
Di pihak lain, KBBI ternyata mempunyai 2 pandangan dalam menjelaskan pengertian klien. Berikut ini definisi klien menurut KBBI:
Pengertian klien dalam hal hukum; orang yang memperoleh bantuan hukum dari seorang pengacara dalam pembelaan perkara di pengadilan
Pengertian klien dalam hal yang selain hukum (karena di KBBI tidak ditambahkan keterangan); orang yang membeli sesuatu atau memperoleh layanan (spt kesehatan, konsultasi jiwa) secara tetap


Nah dari ini semua, kita bisa mendapatkan informasi tambahan bahwa sebenarnya klien, konsumen, dan customer sebenarnya memiliki kaitan istilah yang serupa. Bila disimpulkan secara umum, ketiga istilah tersebut mengacu pada pihak pemakai barang atau jasa. Tentu ada alasan mengapa orang menggunakan beberapa istilah tersebut.

Asumsi saya saat ini adalah penggunaan tersebut untuk menimbulkan kesan tertentu bagi pendengarnya. Misalnya penggunaan kata "meeting" yang berasal dari bahasa inggris. Padahal jika kita menggunakan kosa kata bahasa indonesia, sudah ada istilah "pertemuan" untuk menyebut hal tersebut. Terlalu panjang, mungkin itu alasan sebagian orang. Namun bukankah ada kata "rapat" yang mempunyai panjang suku kata yang sama? Dan toh, kata "rapat" juga merupakan kata yang populer alias bukan kata yang asing di telinga. Menggunakan perumpamaan tersebut saya menarik kesimpulan bahwa perbedaan penggunaan istilah konsumen, klien, dan customer tersebut untuk memberikan kesan yang berbeda kepada pendengar.

1 komentar:

  1. As consumers we should also know that we have the rights and obligations which are protected by Konsumen Cerdas

    BalasHapus