Perbandingan hosting gratis dan berbayar menjadi bahan yang menarik untuk dibicarakan mengingat keduanya merupakan dua hal yang kontradiktif namun saling melengkapi dalam dunia internet. Hosting gratis memungkinkan kita membuat website tanpa keluar biaya sedangkan hosting berbayar, sesuai dengan namanya, berlaku sebaliknya.


Contoh Hosting Gratis
Sebenarnya saya ingin memulai pembahasan kali ini dengan definisi hosting gratis atau pengertian hosting gratis. Namun mengingat luasnya cakupan mengenai hosting itu sendiri, saya lebih senang untuk langsung memberikan contoh hosting gratis sekaligus memberikan batasan mengenai cakupan materi yang akan kita bahas. (Namun bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai pengertian hosting, anda bisa membacanya di artikel mengenai definisi hosting / pengertian hosting).
Contoh hosting gratis yang paling populer di internet adalah blogspot.com alias blogger.com dan wordpress.com.


Contoh Hosting Berbayar
Ada banyak sekali penyedia layanan hosting berbayar baik luar negeri maupun dalam negeri. Di dalam negeri contoh yang paling populer adalah di idwebhost.com dan masterwebnet.com


Kelebihan hosting gratis
Kelebihan hosting gratis sudah bisa kita rasakan dari frasa "hosting gratis" itu sendiri. Ya, ada kata gratis di situ. Namun tidak lengkap rasanya jika kelebihan hosting gratis hanya sebatas gratis saja. Berikut ini rangkuman kelebihan atau keuntungan hosting gratis yang saya rangkum dari pengalaman saya berkecimpang-kecimpung di internet dalam beberapa tahun ini;


1. Gratis
Alias tidak perlu keluar biaya sewa.


2. Bebas Perawatan / maintainance
Ini merupakan hal yang penting namun mungkin jarang disadari oleh sebagian orang. Perawatan merupakan hal yang penting untuk menjaga website kita dari serangan hacker (misalnya). Beberapa website yang saya hosting secara berbayar beberapa kali mengalami deface (pengertian deface) akibat serangan hacker. Namun website di hosting gratis yang saya kelola di wordpress dan blogspot, satu pun belum pernah ada yang mengalami deface.


3. Lebih Handal
Handal dalam hal apa? Berikut ini penjelasannya;
A. Yang pertama handal dalam hal kecepatan loading.
Dari pengalaman saya selama ini, semakin tinggi jumlah pengunjung website, maka beban server menjadi semakin besar. Dengan beban server yang semakin besar, biasanya kecepatan loading per halaman dari situs kita menjadi semakin lambat. Namun seingat saya, ini belum pernah terjadi pada
B. Dan yang kedua handal dalam hal uptime.
Selama ini saya belum pernah mengalami yang namanya situs di wordpress.com dan blogspot.com tidak bisa diakses akibat server down. Bahkan di youtube saya pernah melihat presentasi mengenai "keuntungan blogging di blogspot" (saya lupa url nya) dan disitu disebutkan bahwa blogspot.com belum pernah mengalami server down.
C. Yang ketiga, space dan bandwidth lebih besar
Bandwidth adalah ukuran besarnya file yang bisa didownload dari sebuah website dalam satu bulan (lihat pengertian bandwidth).


Kekurangan hosting gratis
1. Fasilitas terbatas
Ibarat naik bus, kalau mau yang murah ya jangan nanya soal kenyamanan. Sama halnya dengan pepatah jawa "rego nggowo rupo". Intinya, adalah kalau mau gratisan ya jangan minta macam-macam. Dan di blogspot.com misalnya, widget tambahan yang bisa kita tambahkan secara pribadi hanyalah yang berbasis javascript. Dan di wordpress.com lebih ketat lagi, kita bahkan tidak bisa menambahkan javascript, jadi jangan tanya soal plugin tambahan.


2. TOS ketat
Singkatan TOS berasal dari "Terms of service" alias aturan layanan. Atau lebih vulgar-nya semacam "rumah gue, aturan gue". TOS biasanya berupa tulisan panjang lebar mengenai apa saja yang boleh dan tidak diperbolehkan di tempat hosting gratis tersebut. Dulu saya pernah melakukan optimasi SEO yang agak berlebihan di salah satu website saya di wordpress.com, dan beberapa hari kemudian website tersebut hilang dari peredaran / tidak bisa diakses. Ternyata situs saya tersebut di vonis telah melakukan pelanggaran TOS di wordpress yang mengakibatkan situs saya tersebut di suspend alias kena skorsing.
Lebih jauh mengenai "rumah gue, aturan gue" tadi, sejak jaman dulu wordpress.com tidak memperbolehkan adanya iklan di situs hosting gratis mereka. Namun tebak apa yang terjadi belakangan? Tiba-tiba ada iklan dari wordpress.com yang nongol di situs kita.


3. Kurang profesional / bonafid
Bayangkan sebuah website dengan domain "pertamina.com" dan "pertamina.blogspot.com". Mana yang terlihat lebih bonafid? Tentu yang pertama. Meksipun kita bisa membeli nama domain tertentu lalu mengarahkannya ke hosting gratis kita blogspot, namun tentu kita perlu keluar uang untuk membeli domain tersebut. (lihat pengertian domain).


Kelebihan hosting berbayar
Secara umum kelebihan hosting berbayar merupakan kebalikan dari kekurangan hosting berbayar. Sehingga poin 1,2 dan 3 berubah menjadi;


1. Full Fasility
Jangankan cuma javascript, kita bisa memasang plugin dan script-script lainnya termasuk PHP, JSP, dan lain-lain. Tentu asal bayar sesuai dengan tarif fasilitas tersebut.


2. TOS lebih longgar
Meskipun di perusahaan penyedia hosting berbayar juga terdapat TOS. Namun dari pengalaman saya, TOS mereka lebih longgar daripada hosting gratisan. Terus terang selama ini saya belum pernah mengalami suspend akibat optimasi SEO di hosting berbayar.


3. Lebih profesional
Misalnya kita adalah sales dari bank muamalat, tentu kita lebih pede untuk menulis di kartu nama kita situs "bankmuamalat.com" daripada "bankmuamalat.wordpress.com".


Kekurangan hosting berbayar
Senada dengan kelebihan hosting berbayar, kekurangan hosting berbayar secara umum merupakan kebalikan dari kelebihan hosting gratisan.

1. Harus keluar uang

2. Perlu biaya perawatan
Update, maintainance, dan backup merupakan beberapa hal yang perlu kita lakukan terhadap situs kita untuk menjaga situs kita tetap optimal dalam bekerja. Membayar orang lain untuk merawat situs kita jelas perlu uang. Sedangkan mengurusi situs sendiri, memang terlihat tidak keluar uang, namun tetap ada potensi waktu yang tersita untuk hal ini. Apalagi dengan generalisasi "waktu adalah uang" mengurusi situs secara mandiri tetap terhitung keluar biaya.

3. Kehandalan
Meskipun dari seluruh situs di wordpress dan blogspot yang saya kelola secara umum lebih handal dibandingkan situs di hosting berbayar saya, namun saya tidak mengatakan kekurangan hosting berbayar adalah tidak handal. Mengapa, karena kehandalan ini tergantung dari bonafiditas perusahaan penyedia hosting dan paket harga yang kita pilih. Sekali lagi, “rego nggowo rupo”.

Demikian tadi informasi mengenai perbandingan hosting gratis dengan hosting berbayar, yang saya rangkum dari pengalaman saya mengelola website. Saya menyadari bahwa seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa poin diatas mungkin tidak relevan di masa yang akan datang. Oleh karenanya, anda bisa memberikan masukan dan update mengenai perbandingan hosting gratis dan berbayar, baik dalam hal kekurangan maupun kelebihan.

54 komentar:

  1. "bankmuamalat.com" daripada "bankmuamalat.wordpress.com"
    Maaf ya gan, ni bukannya domain ya? Hehehe
    Hosting kan untuk menyimpanan data klau gak salah!

    BalasHapus
  2. Hahahaha pembahasan yang ente tulis bagus dan menarik tapi sayang setelah membaca anda itu salah. Baik hosting gratis maupun berbayar adalah sama saja. cuma perbedaannya adalah pada bandwit. Kalau blogspot dan Wordpress itu gak masuk dalam kategori hosting tapi itu layanan blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju broh
      ane dulu pake idhostinger, skarang udah pindah ke hosting lain. murah lagi ga semahal idhostinger

      Hapus
    2. sekarang pake apa?
      saya lagi nyoba idhostinger yang free, kayaknya ok juga... tadinya pikir mau di lanjutin, lagi ada promo juga 50% sampai 30 September 2013

      Bro Devan, kenapa ganti?
      Ada masalah apa si idhostinger?
      Sharing dong, sebelum saya upgrade nih :)
      Thanks ya

      Hapus
  3. mendingan yang gratis aja kalau buat iseng2 berhadiah, kecuali kalau memang mau nyemplung sekalian dan menjadi webmaster pakai yang berbayar

    BalasHapus
  4. Nazuka.net hosting gratis tapi unlimited...

    BalasHapus
  5. emang gan,klo punya uang lebih,,mending beli hosting berbayar,,enaknya kita bisa desain sesuai hati kita...
    klo lewat gratisan,pasti fitur nya itu2 aja
    lihat aja blog ane nih
    www.rif123.com
    klo dibandingin ama web hostingan berbayar,,jauh kalah keren lah!!!
    tapi karena ane orangnya simple dan g mau ribet,,jadi lebih pilih blogcepot dah,,
    selain tidak perlu bayar,,ane juga kagak mahir klo masalah koding-mengkoding di web hosting berbayar,,cari yang praktis2 aja lah kalo menurut ane..

    wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  6. hehe,, kalau menurut ane mah sama aja gan, yang penting ide yang kreatif dan original itu yang paling penting,, gak copas :D

    ane juga pakek yang gratisan,,
    ada yang berbayar eh malah kek cerita blog di atas di suspended dah ane buat 1 x selang 2 hari lama nya eh di suspended lagi..

    http://sahabatralfa.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Kalau domainnya saja gimana tu mas, hosting tetap gratis menggunakan blogspot, salam kenal ya

    BalasHapus
  8. Artikel dan komentarnya sangat membantu ane yg pemula!

    BalasHapus
  9. kalau cuma pengen posting catatan harian & cerita pendek, cukup ah kalau blogspot atau wordpress. Untuk tampilan cukup simple kayak blog saya http://chandstwn.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. klo saya masih pke yg gratisan.. soalnya masih ngumpulin pengunjung setia dulu..
    http://wikie20.blogspot.com

    BalasHapus
  11. beli domain,contoh domain-abc.com,parkir lalu balik lagi blogger,pasang third party dengan domain sendiri tadi (domain-abc.com). apa itu arti nya hosting gratis di blogger??

    BalasHapus
  12. Coy,,..
    gua minta pendapat loe smua coy,..
    gua bikin website kecil"an,,.
    nah website ini d buat u/ private,..
    (artyx hanya d buat 10 orang cukup)..
    nah,. nie enakx pake yang gratisan apa berbayar nee enkx..
    >?>?>? bls coy.. pliss...
    :D

    BalasHapus
  13. kalau blogspot ke hosting bayar bisa ngga ya tanpa pindah ke wordpress

    BalasHapus
  14. mending pake gratisan gan, ngga pusing mikirin bayar perpanjang sewa hosting tahunan
    http://sugengarifin.wordpress.com/

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Kalau saya mah juga menggunakan hosting gratis indonesia di webhosting.web.id dan reselleragent.com, hosting gratis rasa premium, dengan server terbaru dan handal serta 99% uptime. No Ads

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  19. aku baru mulai menekuni blog nih, sekalian jalan-jalan msti banyak membaca. makasi infonya ya. kalau punya waktu luang silahkan mampir ke blogku http://matakucingnews.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. Buang-buang duit gak ya.. blog ecek2 apa harus beli domain ya.. ? #lagimikir

    BalasHapus
  21. Kelebihan hosting berbayar yang paling mencolok ya lebih profesional kelebihan lain kurang berpengaruh menurut saya

    BalasHapus
  22. kelebihan dan kekurangn antara hosting dan jg berbayar pasti cukup jelas tinggal kitanya aja yg memilih jika mau kualitas yg bagus pasti memilih yg berbayar tergantung kita nya aja sob

    cek disisni


    web hosting unlimited murah berkualitas

    BalasHapus
  23. kelebihan dan kekurangn antara hosting dan jg berbayar pasti cukup jelas tinggal kitanya aja yg memilih jika mau kualitas yg bagus pasti memilih yg berbayar tergantung kita nya aja sob

    cek disisni


    web hosting unlimited murah berkualitas

    BalasHapus
  24. Mungkin saya akan coba dua2nya. Terima kasih artikelnya, kalau sempat mampir yah http://raholia.blogspot.co.id

    BalasHapus
  25. Ane beli domain tapi hostingnya yg gretong blogspot...
    Kunjungi y
    www.terangujungkulon.com

    BalasHapus
  26. Pilih yang gratisan aja
    www.dandiha.blogspot.com

    BalasHapus
  27. yg berbayar coba di www.jaringanhosting.com windows hosting terbaik di Indonesia !

    BalasHapus
  28. informasi yang sangat bagus dan juga bisa berguna dan bermanfaat, terima kasih ya :)

    BalasHapus
  29. Penjelasan hosting yg meyakinkan dan Argumentatif. Bro bs sy dibikinin artikel mengenai hosting nih?, (sy rencn jd afiliate hosting) :) mail ke penilaiservice@gmail.com

    BalasHapus
  30. INI INFO TERBARU UNTuK PARA BLOGGER, UJI KEMAMPUAN SEO ANDA DI AJANG KONTES SEO TERBARU 2016 HADIAH HINGGA 80JUTA, BACA SELENGGKAPNYA DI http://sukasukague.16mb.com/2016/09/daftar-kontes-seo-2016-hadiah-puluhan-juta.html

    BalasHapus
  31. domain gratis tak kan hilang selama google ada. domain berbayar akan hilang tak berbekas kalo yg punya blog tidak bayar atau yg puny blg meninggal

    BalasHapus
  32. rencana mau beralih di hosting beryar tapi cari tau dulu kelemahan dan kelebihannya untuk di peraktekin di infoponsel88.blogspot.com

    BalasHapus
  33. kelebihan dan kekurangan hosting, jadi bikin saya inget perbedaan hosting dan cloud computing. yang di mana kalo inget ingat keamanan pada data pilih hosting, kalo mau meminimalisir biaya tanpa harus investasi di depan server, pakai cloud computing. tapi bukan berarti cloud computing tidak aman, ada salah satu provider cloud computing, biznet gio cloud, yang aman dan terpercaya, menurut saya.

    BalasHapus
  34. min, mau tanya kalau pake wordpress gratis apakah lebih mudah atau malah sama saja dalam melakukan persaingan SEO nya? baik on page nya & off page nya.
    terimaksih sebelumnya.

    BalasHapus
  35. Makasih infonya. Oh ya, Hosting Dewaweb lagi bagi THR nih, yuk cek di https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=908

    BalasHapus
  36. Domain saya berbayar, www.juraganles.com tapi hosting ikut google aja deh. Kan lebih aman katanya.

    BalasHapus
  37. Kalau menurut ane domain berbayar lebih kepada profesionalitas aja, apalagi yang punya toko online besar tentu pakai domain berbayar, kl ane pake yang gratisan aja http://tambahwawasanapasaja.blogspot.co.id

    BalasHapus
  38. "Mari Bergabung Dengan Kami Di MGMPOKER88
    Mgmpoker88. com Adalah Situs Poker Online Yang Menjamin Permainan 100% Tanpa Robot
    100% Real play...!!!
    Kami juga memberi Promo menarik bagi pecinta permainan kartu online :
    ◙ Minimal DEPOSIT dan Withdraw Hanya RP. 20.000.-
    ◙ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ◙ Cashback Mingguan 0.5%
    ◙ Bonus Refferal 20%

    Untuk Info Lebih Lanjut Langsung Saja Hubungi Costumer Service kami di :
    LiveSupport 24JAM.
    ◙ Livechat : https://goo.gl/UdJZKT
    ◙ Skype : jessy wijayatan
    ◙ Phone : +85577597038

    TERIMA KASIH
    Salam HOKI DARI KAMI MGMPOKER88 ^.^ " poker online

    BalasHapus
  39. I would be grateful if you continue with slot game in malaysia the quality of what we are doing now with your blog ... I really enjoyed it

    BalasHapus
  40. sangat informatif, dan mencerahkan gan, terima kasih. oh ya, gimana kalo blog kelebihan beban, apa yang harus dilakukan ya. kunjungi blog saya juga ya www.hajimakbul.com dan dutajatim.com, terimasih

    BalasHapus
  41. Go ketogenic Drinking them in infusion after meals would help the body to digest well and release the adrenaline which it uses to burn fat.
    https://goketoganic.com/

    BalasHapus
  42. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  43. hosting gratis cek di https://php.id/

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!