Indonesia memang dikenal sebagai Negara konsumen kendaraan roda empat atau mobil terbesar di kawasan Asia, namun bukan berarti Indonesia tak bisa menciptakan produk kendaraan roda empat sendiri. Beberapa tahun belakangan banyak mobil buatan dalam negeri yang muncul di pasaran. Salah satu jenisnya adalah mobil listrik buatan Indonesia.
Secara sederhana, mobil listrik adalah mobil yang digerakkan dengan motor listrik dan menggunakan energi listrik. Energi listrik tersimpan pada baterai yang mampu menyimpan tenaga dan merubahnya untuk menggerakkan mesin mobil. Mobil listrik menjadi primadona di awal tahun 2000-an ketika harga bahan bakar semakin melambung tinggi.
Banyak produsen-produsen mobil yang mengeluarkan produk mobil listrik. Sebagian besar memang berasal dari daratan Eropa. Meskipun begitu, Indonesia tak mau ketinggalan dalam berinovasi pada bidang ini. Hingga 2015 ini banyak ditemui produk mobil listrik buatan anak dalam negeri.
Berikut ini beberapa produk mobil listrik buatan Indonesia yang muncul dan ada di pasaran.
1. Tucuxi
Mobil ini merupakan mobil yang dipunyai mantan menteri dan juga politikus Indonesia, Dahlan Iskan. Mobil dengan desain yang mewahini total menghabiskan dana hingga 3 Milyar Rupiah. Semua proses pembuatan hingga perakitan dilakukan oleh orang Indonesia yang dikerjakan di Yogyakarta.
2. Selo
Mobil inipertama kali dipamerkan pada forum APEC. Mobil listrik karya Ricky Elson ini cukup memikat dengan desain sporty yang sangat dinamis. Selo juga merupakan produk mobil listrik yang diawali oleh ide dari Dahlan Iskan. Mobil ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yaitu kisaran 200 juta Rupiah.
3. Evina
Mobil ini merupakan karya dari Dasep Ahmadi. Evina sendiri adalah singkatan dari Electrical Vehicle Indonesia. Mobil ini sudah diproduksi secara massal, yaitu sekitar 1.000 hingga 2.000 unit. Harga yang dipatok untuk mobil listrik berjenis City Car ini juga cukup murah, antara 150 hingga 200 juta Rupiah.
4. Gendhis
Mobil ini merupakan mobil yang diciptakan oleh Dahlan Iskan bersama timnya. Mobil ini pernah dipakai sebagai kendaraan resmi pertemuan kepala Negara pada KTT APEC di Indonesia. Mobil ini merupakan mobil keluarga yang mampu menampung hingga 7 orang di dalamnya.
Demikian tadi beberapa mobil listrik buatan Indonesia. Sebagai warga Negara Indonesia kita musti bangga dengan pencapaian anak negeri yang mampu memproduksi mobil sendiri. Jika pemerintah membantu dengan baik, bukan tidak mungkin industri mobil listrik ini akan semakin berkembang di tanah air.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!