Printer merupakan komponen penting bagi sebagian orang. Tak hanya digunakan untuk keperluan pekerjaan, printer juga bisa dimanfaatkan untuk para pelajar. Penggunaan printer secara intens bisa saja membuat printer rusak atau bermasalah. Dari tinta yang tak berfungsi, printer lemot, hingga masalah pada kabel printer.
Bisa dibilang, penggunaan printer sehari-hari entah itu di kantor, instan sehingga percetakan sangat intens atau sering. Dengan penggunaan tiap hari tersebut membuat printer bisa saja bermasalah. Salah satu permasalahan yang sering mendera printer adalah koneksi dengan komputer atau laptop yang bermasalah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kabel printer yang tak berfungsi dengan semestinya.
Dalam membeli printer biasanya kita mendapatakan satu paket dengan komponen pendukung lainnya seperti kabel, tutup body, hingga selang tinta. Jika salah satu dari komponen pendukung tersebut rusak dan tak berfungsi, mau tak mau kita harus membelinya secara “peretelan”.
Untuk kabel printer sendiri tak begitu sulit ditemukan di toko-toko komputer atau elektronik. Sudah banyak yang menjual kabel ini dengan kualitas bagus dan terjamin. Kehadiran kabel printer di toko-toko komputer ini tentu sangat membantu pengguna printer yang mengalami masalah pada printernya.
Cara kerja dari printer ini pun cukup sederhana. Penggunaannya sama seperti mengkoneksikan eksternal harddisk ke laptop. Tinggal dicolokkan dengan port yang tersedia, laptop atau komputer kita sudah bisa terkoneksi dengan printer. Jadi tak perlu repot dan bingung untuk cara penggunaannya.
Selain bisa digunakan pada printer, kebanyakan kabel printer yang dijual di pasaran juga bisa digunakan untuk terhubung dengan scanner. Cara penggunaannya pun juga kurang lebih sama dengan menggunakan printer, tinggal dicolokkan saja.
Harga dari kabel printer di pasaran sangat bervariasi, bergantung pada jenis dan merk. Harga juga ditentukan oleh panjang dari kabel yang akan dibeli. Semakin panjang kabelnya, harganya akan lebih mahal. Harga termurah dari kabel printer antara 20.000 hingga 50.000 Rupiah. Untuk kabel data yang kualitasnya lebih bagus, harganya bisa mencapai 250.000 Rupiah.
Memilih kabel printer harus didasarkan pada beberapa hal. Jangan asal memilih hingga akhirnya nanti menyesal. Jangan tergiur dengan harga murah, karena bisa saja yang murah tersebut tidak begitu awet. Belilah selalu perangkat pendukung komputer di toko-toko yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!