Memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan atau lintasan balap mungkin sudah tidak asing bagi kita. Namun bagaimana jika memacu adrenaline mobil kita dengan cara lain? Salah satunya adalah dengan drifting atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah “ngepot”. Drift adalah sebuah teknik menyetir yang memerlukan ketangkasan dari si pengemudi . Lalu, bagaimanakah cara mobil ngedrift yang baik dan benar?
Drift memang sudah sangat dikenal oleh para pecinta sport otomotif. Bahkan di banyak Negara sudah sangat mudah dijumpai kompetisi drifting resmi, termasuk di Indonesia. Sejak sudah banyak dilombakan secara resmi, kesan liar pada teknik drifting ini makin lama makin memudar.
Drifting memang sangat bergantung pada ketangkasan si pengemudi. Berbeda misalnya dengan drag race yang memerlukan mesin yang kuat, tangguh dan mumpuni agar bisa dipacu dengan kecepatan maksimal. Drifting memerlukan keahlian khusus darisi pengemudi  yang sudah mahir dan melewati banyak latihan. Tidak sembarang orang yang bisa melakukannya.
Meskipun termasuk teknik yang susah, bukan berarti tidak banyak orang yang ingin menguasainya. Bagi Anda yang masih pemula dalam hal drifting, ada baiknya Anda menyimak tips-tips drifting untuk pemula ini. Berikut ini beberapa teknik drifting dasar untuk pemula.
1. Clutching
Teknik pertama yang biasa digunakan adalah Clutching. Tehnik ini dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan kopling. Saat berbelok Anda bisa meninjak kopling sambil full throttle. Cara ini banyak dipilih oleh para drifter karena tidak mengurangi kecepatan mobil saat drifting.
2. Handbrake
Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk para pemula adalah teknik Handbrake. Caranya dengan dengan menarik Handbrake atau rem tangan saat membelokkan stir dan menginjak kopling. Cara ini sedikit tricky namun sangat efektif.

3. Shift Lock
Cara yang ini bisa dibilang hampir sama dengan teknik Clutching. Perbedaannya ada pada perpindahan gigi. Pengemudi tinggal memindahkan gigi lebih rendah untuk menurunkan rem kemudian melepas pedal kopling untuk melambatkan roda bagian belakang.
Itu tadi beberapa cara mobil ngedrift yang bisa diaplikasikan kepada para drifter pemula. Dengan latihan terus-menerus dan pemilihan tehnik yang tepat, Anda akan bisa cepat menguasai cara menyetir yang satu ini. Tapi hal terpenting adalah, jangan ngedrift di jalan raya saat ada banyak kendaraan lalu lalang. Keselamatan Anda dan orang lain adalah yang paling utama.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!