CCTV menjadi alat keamanan yang wajib hadir di kantor-kantor perusahaan besar. Dengan CCTV tim keamanan bisa memantau segala macam kondisi di tiap sudut kantor atau gedung yang berguna untuk memelihara keamanan. CCTV dan juga kabel CCTV mudah didapatkan di toko-toko elektronik di pusat-pusat kota.
Popularitas CCTV sekarang ini memang sangat menanjak. Tak hanya di kantor pemerintahan atau perusahaan besar, penggunaan CCTV juga sudah merambah toko-toko kecil dan juga rumah pribadi. Fungsi dan kegunaan membuat alat ini sangat digemari oleh masyarakat dalam memantau dan memberikan keamanan.
CCTV memang sangat berguna bagi sistem keamanan. Selain jenis CCTV yang bermacam-macam, ada pula jenis kabel CCTV yang juga bermacam-macam. Dalam membeli kabel CCTV perlu diperhatikan beberapa hal agar penggunaan CCTV bisa maksimal. Maka dari itu, pengetahuan tentang kabel CCTV harus juga dimiliki selain mengetahui jenis-jenis CCTV.
Berikut ini beberapa jenis kabel CCTV yang ada di pasaran.
1. Kabel CCTV 3 Jalur
Jenis kabel yang pertama adalah kabel CCTV 3 jalur. Seperti namanya, kabel ini memiliki 3 jalur atau port yang terdiri dari audio, video, dan adaptor. Kabel ini memiliki beberapa jenis panjang kabel, mulai dari 10 hingga 50 meter. Kabel ini bisa dibilang yang paling sering diinstal pada CCTV. Kabel CCTV 3 jalur ini adalah kabel CCTV yang memiliki keunggulan dalam hal kepraktisan.
2. Kabel Coaxial
Jenis kabel ini hanya memiliki satu jalur atau port saja yaitu untuk video. Kabel Coaxial sangat cocok digunakan pada jarak jauh. Karena hanya memiliki satu port saja, maka jika ingin mendapatkan audio kita perlu menambah satu jalur kabel, yaitu kabel audio. Kabel ini belum berkonektor, sehingga harus memasang konektornya terlebih dahulu sebelum bisa dipergunakan.

3. Kabel Kabel Coaxial + Power Cable
Sama seperti nomordua, bedanya pada kabel jenis ini terdapat kabel Power atau Adaptor. Kabel ini bisa digunakan pada jarak yang cukup jauh. Kabel Coaxial + Power Cable ini belum berkonektor, sehingga kita harus memasang terlebih dahulu konektornya agar bisa digunakan.
Itu tadi beberapa jenis kabel CCTV yang ada di pasaran. Dengan mengetahui jenis-jenis kabel CCTV yang ada di pasaran kita akan mendapatkan manfaat dalam memilih kabel yang tepat bagi CCTV kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!