Di Indonesia dan juga di Negara lainnya, mobil bisa dibedakan kedalam dua jenis cara penggunaannya, yaitu automatic dan manual. Kedua jenis mobil ini memang yang paling mudah ditemui di jalanan dan juga di pasaran. Lalu, apa sajakah perbandingan mobil matic dan manual serta perbedaan-perbedaan mendasarnya ?
Mobil memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian masyarakat. Kendaraan roda empat ini menjadi favorit karena bisa menampung banyak orang sekaligus jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi lain seperti sepeda motor. Tak heran, kebutuhan mobil tiap tahunnya selalu meningkat.
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, mobil bisa dibedakan menurut cara penggunaanya, yaitu matic atau manual. Kedua jenis mobil ini tentu memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Bagi Anda yang ingin membeli mobil, tak ada salahnya untuk menggali informasi lebih mendalam mengenai perbedaan mobil matic dan manual.
Berikut ini beberapa perbedaan menadasar antara mobil matic dan manual yang bisa Anda jadikan panduan dalam membeli jenis mobil yang mana;
1. Sistem Transmisi
Seperti namanya, matic dan manual adalah cara penggunaan lewat sistem transmisi. Jika menggunakan mobil matic, kita hanya perlu menginjak gas dan rem saja. Sedangkan jika menggunakan mobil manual, kita harus menggunakan kopling dengan menggunakan tangan. Secara garis besar, pengemudi pemula mobil akan lebih dimudahkan ketika menggunakan mobil matic dalam hal kontrol mobil dibandingkan dengan mobil manual. Kepraktisan inilah yang membuat mobil matic banyak dicari.
2. Akselerasi dan Kecepatan
Dalam hal akselerasi, mobil manual lebih unggul dibandingkan dengan mobil matic. Mesin dan kontrol dari mobil matic kurang bisa berakselerasi di beberapa medan jalan. Contohnya saat di tanjakan, mobil manual akan lebih bisa diandalkan karena memiliki engine brake. Dalam hal kecepatan pun mobil manual sedikit lebih unggul, ini karena mobil matic umumnya diciptakan untuk kenyamanan pengemudinya.
3. Harga
Di pasaran, haraga mobil matic lumayan lebih mahal dibandingkan dengan mobil manual. Perbedaan harganya bisa mencapai 30 hingga 50 juta Rupiah. Perbedaan ini disebabkan oleh teknologi mobil matic yang cenderung lebih berbelit dibandingkan dengan mobil manual.
Itu tadi beberapa perbedaan mendasar serta perbandingan antara mobil matic dan manual. Mobil matic dan manual memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Kini semua kembali ketangan Anda, apakah lebih suka dengan mobil matic atau mobil manual.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!