Salah satu masalah yang sering mendera para pengguna kendaraan roda empat adalah ketika ban bocor atau rusak di tengah perjalanan. Hal tersebut tentu akan sangat menyusahkan, pasalnya perjalanan akan terganggu. Belum lagi waktu yang terbuang untuk ganti ban mobil tersebut. Itu juga kalau kita membawa ban cadangan, bagaimana kalau tidak ? Kita akan dibuat pusing tujuh keliling.

Ban memang menjadi elemen terpenting agar mobil kita bisa melaju di jalanan. Oleh sebab itu, kita harus selalu memeriksa kondisi ban mobil kita secara teratur, terutama saat akan perjalanan jauh. Kita tentu tak menginginkan perjalanan terhambat karena masalah ban bocor atau rusak ini. Kalau bisa mengganti ban sendiri tentu tak terlalu bermasalah, lalu bagaimana jika tidak bisa?

Bagi para pemula yang baru memiliki mobil, ban bocor ini tentu menjadi masalah yang sangat serius. Tanpa persiapan yang matang, pengguna pemula akan dibuat stress oleh masalah ini. Maka dari itu, perlu adanya pengetahuan mendasar mengenai cara mengganti ban mobil ketika ban sedang bermasalah ketika dipakai.

Berikut ini panduan sederhana dalam mengganti ban mobil secara mandiri.

1. Pengecekan dan Persiapan Alat-alat

Kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Agar tak mengalami pengalaman buruk, ada baiknya kita selalu memeriksa kondisi ban mobil kita. Selain itu, kita harus mempersiapkan alat-alat seperti dongkrak, kunci roda dan tentu saja ban cadangan yang sangat penting perannya. Dongkrak atau ban cadangan bisa ditempatkan di ruang-ruang mobil seperti bagasi atau tempat lainnya.

2. Tepikan Mobil

Ketika mengalami musibah ban pecah atau bocor, hal pertama adalah menepikan mobil kita kepinggir jalan. Jangan lupa juga untuk memberi rambu di belakang mobil sebagai pemberi tanda bagi pengendara lain. Kita juga bisa menyalakan lampu hazard. Setelah itu baru kita bisa mulai mengeluarkan dongkrak, kunci roda dan juga ban cadangan.

 

3. Proses Penggantian Mobil

Setelah mengeluarkan perlengkapan, kita bisa memulai proses penggantian ban dengan melepas terlebih dahulu ban yang rusak dengan kunci roda. Setelah ban terlepas kita mesti mendongkrak dulu mobil kita agar tetap stabil dan mempermudah saat akan mengganti ban. Buku baca manual dongkrak yang akan dipakai agar tidak bingung. Setelah siap, masukkan ban cadangan yang telah dipersiapkan dan kunci dengan menggunakan kunci roda. Pastikan semua kunci terpasang dengan rapat. Setelah itu, lepas dongkrak pada mobil.

Demikian tadi tips sederhana dalam ganti ban mobil secara mandiri. Mengganti ban mobil sendiri merupakan keahlian khusus yang patutnya dimiliki oleh para pengendara roda empat. Agar tak mengalami masalah ban rusak di jalanan, periksalah selalu kondisi ban dan mobil secara keseluruhan sebelum berkendara.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!