Pompa Air
Pompa Air

Beberapa hari ini saya berurusan kembali denga pompa air. Bagi pemula sangat penting rasanya untuk memiliki buku petunjuk pemasangan pompa air. Buku petunjuk tersebut biasanya disertakan bersama dengan pompa air yang kita beli. Well, sebenarnya ini seperti selebaran sih, bukan sebuah buku. Namun tetap saja, ini merupakan petunjuk cara memasang pompa air. Saya mengambil inisiatif untuk melakukan penyimpanan secara online lebih mudah untuk pencarian kembali daripada penyimpanan secara fisik yang terkadang susah mencari dan mengorganisasikannya. Nah, berikut ini cara pemasangan pompa air tersebut;


Bagian-bagian Pompa Air
Bagian bagian dari pompa air yang anda perlu ketahui ditunjukkan pada gambar di muka.

Yang harus diperhatikan sebelum pemasangan

Pasang pompa sedekat mungkin dengan sumur. Tapi jika hams dipasang jauh dari sumur maka jarak maksimumnya dibatasi sesuai daya hisapnya (suction lift).Lihat tabel dibawah ini.

Periksa kedalaman sumur dan pastikan daya hisap pompa sesuai dengan kemampuannya.

Juga pertimbangkan permukaan air sumur pada saat musim kemarau.


Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengoperasikan

Jika pompa di pasang pada sumber air yang mengandung pasir atau kotoran lainnya, maka diperlukan saringan/filter. Hal ini akan melindungi impeller dan pengikisan/aus dan pada akhirnya akan menurunkan kinerja pompa.

Hindari pengoperasian pompa tanpa beban (air) atau pada kondisi kering dalam waktu yang lama. Hal ini akan mengakibatkan kerusakan pada motor pompa dan akan memperpendek usia pemakaian pompa.

Hindari pengoperasian pompa dalam kondisi suhu ruangan diatas 40° C dan dibawah suhu -10°C atau suhu air diatas 40 °C karena hal ini akan mengakibatkan kerusakan dan akan memperpendek usia pemakaian pompa.

Jangan menggunakan pompa untuk cairan selain air, cairan yang mudah terbakar, bensin, atau cairan yang bersifat asam akan merusak pompa atau mengakibatkat kebakaran.

Hindari pemasangan pompa dari sinar matahari langsung atau dari hujan karena akan memperpendek usia pemakaian pompa dan juga bahaya tersengat oleh cairan listrik yang disebabkan isolasi kabel yang rapuh/rusak.

Jangan menyelimuti atau membungkus pompa terutama motomya dengan kain. Hal ini untuk menghindari kebakaran.

Toleransi tegangan sumber yang bisa diterima oleh motor pompa yaitu +10% dari tegangan kerja motor.

Spesifikasi Pompa Air
Berikut ini spesifikasi pompa air khusus DABEMCE yg harganya sekitar 600ribuan pada waktu saya beli;
Uraian Model:JET-100A JET-250 DP-255 DP-370 DP-505
Tegangan, Frekuensi 220V, 50Hz,1 #
Daya motor W 100
Daya hisap m 11
Daya dorong m 26
Kapasitas l/m 50
Tinggi total maks. m 37
Pipa hisap mm(lnch) 25(1")
Pipa dorong mm(lnch) 25(1")

Petunjuk pemasangan pompa air

petunjuk cara pemasangan pompa air
petunjuk cara pemasangan pompa air

Pondasi untuk dudukan pompa harus terbuat dari semen/beton untuk menghindari pompa miring setelah di pakai beberapa tahun.

Pilih tempatdimana pompa dapat dengan mudah diperbaiki,Jika memeang harus ditempelkan ditempat yang sempit maka jarak yang diperlukan seperti ditunjukan dalam gambar.

Pasang stop kran pada lubang pengeluaran(discharge) untuk mempermudah pengecekan atauperbaikan. Kurangi jumlah tikungan padapipa untuk mencegah kebocoran atau mengurangi hambatan aliran air.

Cara pengoperasian pompa air
Bila pompa dipakai kembali setelah tidak dipaka dalam waktu lama.

Ada kemungkinan motor tidak bisa dioperasikan meskipun listrik sudah tersambung dikarenakan melekat dan mengerasnya debu dan kotoran air dikarenakan pompa. Dalam hal ini matikan sumber listrik dan kemudian putar as yang ada di belakang motor sebentar dengan obeng atau benda sejenisnya. Setelah itu pompa dapat dioperasikan seperti biasa.
cara memasukkan air pancingan pompa air


Pompa ini membutuhkan sedikit air pancingan pada saat pertama kali dioperasikan pancinglah pompa tanpa ada masalah

1) Tuangkan air pancingan setelah membuka penutup pada pompa (Brass Plug).
2) Tutup kembali penutupnya setelah itu bukalah satu keran.
3) Nyalakan pompa dan operasikan.setelah itu air akan keluar beberapa menit kemudian.
4) Jika air tidak keluar kemungkinan air pancingannya kurang jadi ulangi lagi pemancingannya.

Diagram rangkaian pompa air
Berikut ini diagram rangkaian pompa air;
diagram rangkaian pompa air
diagram rangkaian pompa air


Kerusakan dan cara memperbaiki pompa air
 
Kerusakan Penyebab CARA MEMPERBAIKI
(Tanda*dapat diperbaiki oleh pemakai)
Motor beroperasi tetapi tidak memompa Permukaan air sumur lebih rendah daripada standar kedalamannya 'Periksa kedalaman pemukaan air
Udara tersedot ke dalam pompa melalui M/Seal Danti dengan M/Seal yang baru
Udara tersedot ke dalam pipa hisap Periksa sambungan pipa dan sambungkan dengan rapat
Thermal protector berfungsi dengan cepat Tegangan listrik terlalu rendah atgu sebaliknya ‘Tanyakan pada PLN
Impeller lengket dengan komponen lainnya Perbaiki kerusakannya
Terjadi hubungan singkat pada kondensor/capasitor Perbaiki kondensor atau ganti dengan yang baru
Air tidak langsung keluar setelah pompa dinyalakan Udara tersedot ke dalam pipa hisap Perbaiki kebocoran pipa
Kurang air pancingan Ulangi-tahap pemancingan

15 komentar:

  1. Tulisan yang menarik oom.. :)
    Kebetulan sy sedang mencari informasi tentang metode penyaringan air sumur sebelum pompa air untuk pemakaian rumah tangga.
    Jadi, sy ada tower (menara bak air) kapasitas 550 liter, memakai pompa air SHIMIZU PS135E. Posisi tower berada 4 meter lebih tinggi dari pompa air. Permukaan air sumur sekitar 5 meter di bawah posisi pompa air.
    Sy mau memasang penyaring pasir (filter fisik) supaya pompa air awet dan tahan lama.
    Mohon informasi. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget postingannya. Makasih banyak, jadi belajar tentang pemasangan pompa air, buat pompa air sumur.

    BalasHapus
  3. Permisi gan, mantap nih. Nitip lapak buat yang butuh jasa servis pompa dan perbaikan pompa air di daerah jakarta depok dan bekasi
    https://hydocoteknik.com/2016/06/03/servis-pompa-air-tangerang-dan-jakarta-selatan/

    BalasHapus
  4. Bagaimana cara memasang pompa air pada toren yah supaya lebih praktis, kebetulan toren saya hanya diletakan didepan rumah, dan ada pompa air nganggur tapi ga bisa menggunakannya,

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara memasang pompa air pada toren yah supaya lebih praktis, kebetulan toren saya hanya diletakan didepan rumah, dan ada pompa air nganggur tapi ga bisa menggunakannya,

    BalasHapus
  6. Bagamaina cara pemasangan pompa yang L dari sumur jadi pompa nya g pas di atas sumur

    BalasHapus
  7. Tlong kirimkan gambar cara memasang kabel2 mesin pompa air shimizu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagimana caranya menyambung kabel mesin pompa air shimizu yg sdh di bongkar tlong kirimkan gambar cara pemasangannya

      Hapus
  8. Apakah ada cara pasang seal san ei 370 ? Airnya bocor deras

    BalasHapus
  9. Kalo pompa jauh dr sumber sumur. Bagaimana agar air tersedot oleh pompa. Di pancing terus terusan GK keluar Air,a

    BalasHapus
  10. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus
  11. SAYA MENYAMBUT ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
    INI CERITAKU

    Saya MURNI SANTI, Seorang wanita, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya adalah REAL ESTATE MANAGER dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan akhir-akhir ini, tidak ada yang mau meminjam kami uang untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dibangun beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan peminjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

    Saya frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit itu, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan dengan SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

    Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan memang menghubungi perusahaan, petugas bagian pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua yang bisa saya berikan kepada mereka persyaratan yang merupakan beberapa informasi pribadi, yang saya lakukan.

    Saya menjalani semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengonfirmasi bahwa saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang sangat mengejutkan saya adalah pinjaman masuk ke akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya bersyukur kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
    GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

    UNTUK MENGHUBUNGI KU
    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Perusahaan
    Whatsapp: +1(301)971-4445
    Nama Saya: MURNI SANTI
    Email Saya: murnisanti55@gmail.com

    BalasHapus
  12. Halo semuanya

    Nama saya Ahamad Faudzi Abd dari MALAYSIA. Saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada hal baik yang bisa keluar dari transaksi online tetapi semua keraguan saya segera hilang dan hilang ketika teman saya pertama kali memperkenalkan saya ke perusahaan ALL GLOBAL HADIAH PINJAMAN, saya pikir itu akan tetap menjadi permainan curang yang sama, tetapi teman saya meyakinkan saya, dan saya juga melihat kesaksian orang lain, saya harus memaksakan diri untuk mengikuti semua proses, pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan, saya mendapat pinjaman RM 5.000.000 di rekening bank MUAMALAT saya Ketika saya diberitahu di telepon saya, saya tidak pernah percaya, ternyata saya bergegas ke bank untuk memastikan bahwa itu benar dan nyata, dan pinjaman itu ada di akun, saya menariknya tanpa komplikasi dan menginvestasikannya dalam bisnis saya Venture.

    Jika Anda menginginkan pinjaman hari ini untuk bisnis dan untuk memulai kehidupan, perusahaan, dan kontrak besar Anda, Silakan hubungi SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL di email mereka di bawah ini.
    Email ............. allglobalgrantloan@gmail.com

    Dan jika Anda menginginkan informasi yang benar dari saya, maka Anda dapat menghubungi saya di email pribadi saya (aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com)

    Saya adalah seorang PENGEMUDI TRUK biasa, tetapi sekarang saya memiliki TRUK dan saya menjadi pemasok besar, saya jamin semua bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dari PERUSAHAAN yang baik ini.

    PERUSAHAAN: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBALmail: allglobalgrantloan@gmail.com
    Telp ............. +1(301)971-4445
    e_mail .......... [aahamadfaudziabdlatif5@gmail.com]

    BalasHapus
  13. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!